Puncak HPN 2019, Alex Noerdin Raih Golden Award

Surabaya – Tokoh olahraga yang sukses membawa Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018 yang juga mantan gubernur Sumsel dua periode Alex Noerdin Jumat (8/2/2019) malam di Gedung Grahadi Surabaya menerima penghargaan Golden Award tingkat nasional berupa Tokoh Kreator Go Internasional.

Penghargaan diserahkan ke Alex Noerdin bersamaan dengan penyerahan penghargaan untuk insan berprestasi, peduli, dan pengabdi olahraga yang digelar Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (Siwo PWI) Pusat dalam rangkaian puncak dari acara peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2019.

Alex Noerdin yang saat ini merupakan Caleg DPR RI Partai Golkar nomor urut dua Dapil Sumsel II dinilai kalangan wartawan olahraga secara nasional sangat layak mendapatkan penghargaan internasional ini, karena komitmen Alex Noerdin sangat tidak diragukan dalam membangun olahraga. Hadir dalam pemberian penghargaan itu Menteri Kominfo Rudiantara, Menteri Pariwisata Arief Yahya dan tokoh olahraga nasional lainnya.

Penanggung jawab HPN 2019, Margiono, yang kini menjadi Ketua Dewan Penasihat PWI Pusat mengatakan, penghargaan untuk Alex Noerdin sangat layak, dan tidak ada yang bisa membantah atas kesuksesan event internasional Asian Games dan sebelumnya menjadi tuan rumah SEA Games di Sumsel.

“Pada ajang ini menjadi ajang silaturahmi yang bagus antara masyarakat pers dan olahraga. Semoga ini akan makin mendorong prestasi dan kejayaan olahraga Indonesia setelah sukses di Asian Games dan Asian Para Games 2018,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Alex Noerdin menyatakan terima kasih kepada rekan-rekan pers yang menobatkan dirinya untuk meraih golden award. “Ini penghargaan yang luar biasa, terlebih yang memberikan penghargaan ini rekan-rekan pers olahraga di momen puncak HPN 2019,” tuturnya.

Mantan Ketua Bupati se-Indonesia ini juga menambahkan dirinya akan tetap memajukan dunia olahraga dan terus menggelorakan semangat olahraga khususnya di Sumsel. “Untuk menyukseskan ini semua tentu saya tidak sendirian, rekan-rekan pers juga akan turut mengawalnya dan membawa nama baik serta capaian prestasi bergengsi olahraga Indonesia di kancah internasional,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Umum PWI Pusat Atal Sembiring Depari menjelaskan acara yang bergengsi tersebut berlangsung sukses dan diharapkan menjadi momentum memotivasi kemajuan olahraga nasional.

“Prinsipnya Malam Anugerah Olahraga Siwo PWI Pusat akan menjadi puncak acara pada peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2019 di Surabaya, Jawa Timur, 9 Februari mendatang,” tutur Atal.

Lanjutnya, sejatinya Siwo PWI Pusat akan menggelar Golden Award Malam Anugerah Olahraga Siwo PWI 2019 itu di Jakarta pada 3 Februari mendatang. Tapi lantaran waktunya berdekatan dengan pelaksanaan HPN, maka giat tersebut digelar bersamaan dalam agenda PWI Pusat. “Acara tersebut rencananya akan dihadiri Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo serta para pejabat publik lainnya,” bebernya.

Ketua Siwo PWI Pusat AAGWA “Gungde” Ariwangsa, menjelaskan, pelaksanaan Golden Award Malam Anugerah Olahraga Siwo PWI 2019 menjadi bagian dari peringatan HPN di Surabaya.

“Kami berterima kasih atas perhatian PWI Pusat membawa Golden Award Malam Anugerah Olahraga Siwo PWI 2019 sebagai puncak acara HPN nanti. Kami tak membayangkan bisa seperti ini, karena tradisinya kami selalu menggelar di Jakarta,” kata Ariwangsa.

Ariwangsa mengaku senang karena acara ini bisa berlangsung sukses. Acara ini menjadi istimewa. Bukan hanya pelaksanaannya digelar bersama dengan HPN, tapi mengingat pada 2018 menjadi momen kebangkitan olahraga nasional. Indonesia sukses dalam dua event besar yakni Asian Games di Jakarta-Palembang dan Asian Para Games di Jakarta.

Dalam penghargaan ini terdapat 21 kategori yang diberikan kepada insan olahraga Indonesia dalam acara yang cukup meriah. Mulai dari atlet putra-putri terbaik, pelatih, manajer, pembina olahraga serta para pejabat seperti Bupati, Gubernur, serta lainnya.