Kominfo Akan Kembali Membatasi WhatsApp Dan Media Sosial Jika Sidang Sengketa Pilpres 14 Juni Memanas

JAKARTA – Jelang sidang perdana permohonan Prabowo-Sandi mengenai sengketa pilpres tanggal 14 Juni nanti di Mahkamah Konstitusi (MK). Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kominfo) akan kembali membatasi penggunaan WhatsApp dan Media Sosial jika kondisi memanas dan menjadi tidak kondusif, hal ini diutarakan oleh Plt. Kepala Humas Kementerian Kominfo, Ferdinandus Setu. 

Sebelumnya Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah melakukan pembatasan WhatsApp dan Media Sosial pada tanggal 21 dan 22 Mei lalu, guna menekan penyebaran hoax.

Menurutnya, pembatasan akses ke media sosial nanti akan sama seperti sebelumnya, yaitu pembatasan sejumlah fitur dan layanan chat WhatsApp, seperti mengirim dan menerima gambar (Tidak memblokir secara penuh).

Jika nanti pembatasan WhatsApp dan Media Sosial ini harus di lakukan, Kominfo menghimbau agar pengguna tidak menggunakan VPN, karena hal tersebut dapat membahayakan data pengguna.

Untuk diketahui, Sebelumnya Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi menolak hasil rekapitulasi nasional Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang menyatakan kemenangan pasangan 01 Jokowi-Ma’ruf  dengan perolehan suara 55,41 persen untuk Jokowi-Ma’ruf dan 44,59 persen untuk Prabowo-Sandi.