Gubernur Erzaldi Antar Istri Tampil di Peragaan Fashion Show HKG PKK

SUMATERA BARAT – Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Melati Erzaldi, tampil anggun dan mempesona pada lomba peragaan busana baju adat daerah Babel dalam rangka memeriahkan Hari Kesatuan Gerak PKK Tingkat Nasional ke-47 Tahun 2019, yang digelar di Kota Padang, Sumatera Barat, Kamis 25 Juli 2019.

Dengan nomor peserta 10, Melati mengenakan pakaian adat pengantin perempuan berwarna merah menyala, perpaduan desain kurung Melayu berbahan beludru dan pakaian etnis Tionghoa, dilengkapi pernak-pernik emas.

Busana yang dikenakan itu menyimbolkan perpaduan kultur Melayu dan Tionghoa di Babel, dikenal dengan nama baju seting, yang pemakaiannya biasanya dipadankan dengan bawahan berupa tenunan khas Babel, yaitu kain cual.

Penampilan Hj Melati Erzaldi disaksikan Ketua Umum TP PKK Pusat Ny Erni Guntarti Tjahjo Kumolo, para dewan juri, dan Gubernur Babel Erzaldi Rosman yang mengantar langsung sang istri untuk tampil di peragaan busana tersebut.

Ditemui Usai Lomba Fashion Show, Gubernur Erzaldi mengatakan, kehadirannya di Puncak Acara HKG PKK itu, selain sudah menjadi kegiatan dari tahun ke tahun juga bermaksud melihat pengalaman pelaksanaan HKG PKK di Sumatera Barat, dalam rangka persiapan HKG ke- 48 tahun 2020 yang akan dilaksanakan di Babel.

Gubernur Erzaldi mengaku sudah bertemu dengan Mendagri dan Dirjen PMD, sudah ada disposisi pelaksanaan HKG tahun depan di Babel. “Insya Allah tahun depan terwujud di Babel,” ujarnya.

Oleh karena itu, Gubernur mengajak sejumlah Kepala OPD Pemprov Babel untuk belajar dalam rangka persiapan itu. “Kita melihat betapa ramainya orang berkunjung ke Padang untuk HKG. Selain untuk penghargaan bagi kader, kegiatan ini juga memotivasi PKK agar bergerak sesuai dengan tugas pokok PKK, memberikan manfaat dan kebutuhan, serta ikut menjalankan tugas pelayanan kepada masyarakat,” kata Gubernur.

 

Gerakan PKK Harus Terus Merajut dan Menyatukan Potensi Nasional

Sebelumnya, di hari yang sama, Gubernur Babel, Erzaldi Rosman turut menghadiri Puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (HKG PKK) ke- 47 Tahun 2019, di Lapangan RTH Imam Bonjol, Kota Padang, Sumatera Barat, yang dihadiri langsung Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tjahyo Kumolo.

Ikut mendampingi Gubernur Erzaldi dalam Puncak HKG PKK ke-47 yang mengusung tema “Keluarga Indonesia Sejahtera” itu, Ketua TP PKK Babel, Melati Erzaldi, Wakil Ketua TP PKK Babel, Laksmi Abdul Fatah, Danrem 045 Garuda Jaya, beserta sejumlah Kepala Perangkat Daerah dan TP PKK Provinsi dan Kabupaten Kota Se-Babel.

Mendagri mewakili Presiden RI, dalam sambutannya meminta Gerakan PKK terus merajut dan menyatukan potensi nasional secara efektif dan integratif.

“Gerakan PKK harus terus merajut dan menyatukan potensi nasional secara efektif dan integratif melalui program dan kegiatan dalam memberdayakan dan mensejahterakan keluarga. Gerakan PKK harus lepas dari berbagai kepentingan kelompok, golongan, politik, suku, agama dan sebagainya, tanpa mempertentangkan hal-hal yang sudah menjadi keputusan dan kesepakatan bersama,” kata Tjahjo.

Dalam menyongsong pembangunan ke depan, menurutnya, Gerakan PKK hendaknya tidak gamang dalam menyikapi perubahan. Mengingat perubahan adalah satu keniscayaan yang tidak dapat dihindari, sehingga harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

“Tentu saja perubahan itu bukanlah sekedar dengan menambah dan menghilangkan sesuatu hingga membuat bingung pihak lain, tetapi merupakan perubahan yang konseptual disertai dengan perhitungan dampak dan implikasinya yang semata-mata untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat,” jelas Tjahjo.

Tak hanya itu, Tim Penggerak PKK juga diminta memiliki cara pandang ke depan serta mampu memanfaatkan peluang yang ada.

“Sebagai penggerak perubahan yang visioner, para Tim Penggerak dan Kader PKK hendaknya memiliki cara pikir dan cara pandang jauh ke depan dengan cara memanfaatkan setiap peluang melalui seluruh potensi yang dimiliki, hingga tercipta kemandirian yang mampu menghadapi berbagai tantangan dan permasalahan dalam segala kondisi,” imbuhnya.

Mendagri juga meminta PKK untuk bersinergi dengan organisasi kewanitaan lainnya dalam rangka membangun negeri ini.

Pada kesempatan sama Ketua Tim Penggerak PKK Pusat Erni Guntari Tjahjo Kumolo mengatakan, puncak peringatan dihadiri lebih dari 3000 orang peserta dari berbagai unsur di tingkat daerah.

Ia juga mengucapkan apresiasi dan terima kasih atas kehadiran Mendagri dalam kesempatan tersebut.(Lulus).

Sumber: 
HumasPro