Melati Erzaldi Pimpin Partisipasi Babel dalam Festival Marandang

SUMATERA BARAT – Tim Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) yang terdiri Ketua TP PKK Babel, Melati Erzaldi, bersama Wakil Ketua TP PKK Babel, Laksmi Abdul Fatah, dan beberapa Anggota dari TP PKK se-Babel, ikut berpartisipasi dalam Festival Marandang, Kuliner Tradisional Minangkabau.

Lomba tersebut, merupakan salah satu rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-47 Tahun 2019, yang dipusatkan di Pelataran Museum Adityawarman Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, Jumat (26/7/2019).

Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah yang pada sambutannya saat membuka Festival Marandang, mengatakan, Pemkot Padang tiap tahunnya menyelenggarakan Festival Kuliner Tradisional Minangkabau sebagai kalender eventnya.

Rendang, dikatakannya, telah diakui Dunia sebagai masakan terlezat di dunia menurut CNN. Pada festival tersebut, selain peserta dari seluruh Provinsi di Indonesia, juga diikuti Karang Taruna dan Sekolah Menengah Pertama di Kota Padang, dengan harapan para generasi muda mengenal makanan khas daerahnya.

Mahyeldi menambahkan, Rendang adalah masakan khas Minangkabau, yang berbahan daging kerbau atau daging sapi dicampur santan, lada dan bumbu rempah lainnya. Istilah Marandang adalah cara masak semua bahan yang dicampur dengan santan yang merupakan bagian dari bahan dasar tersebut hingga mengering dan berwarna kecoklatan bahkan kehitaman. Memasak Rendang biasa membutuhkan waktu selama kurang lebih 3 jam.

Disela – sela mengikuti Lomba, Ketua TP PKK Babel, Melati Erzaldi mengatakan, festival ini sangat menarik, karena mengangkat kuliner khas nusantara yang sangat terkenal dan telah diklaim oleh dunia sebagai masakan terlezat.

“Kita bisa mengadopsi ini. Kita di Babel juga punya kuliner khas daerah yang citarasanya nikmat yaitu lempah kuning. Hal ini harus dikenalkan kepada anak sekolah tentang bagaimana cara memasak, bumbunya, sehingga mereka mengenal masakan kuliner khas daerah sekaligus dapat mempresentasikannya,” ungkapnya.

Tahun depan, jika Babel memang terpilih sebagai penyelenggara Kegiatan Puncak HKG, kata Melati Erzaldi, akan diadakan kegiatan – kegiatan yang mengangkat dan memperkenalkan Budaya dari Babel.

Wakil Ketua TP PKK Babel, Laksmi Abdul Fatah menambahkan, anak – anak khususnya Generasi Muda, harus bisa memasak masakan khas Daerah, dan itu harus terbiasa. Sehingga mereka mengerti dan mencintai budaya daerah. “Memasak rendang sebenarnya tidaklah susah, tinggal kita harus tahu bumbunya,” imbuhnya.

Ketua TP PKK Pusat, Erni Guntarti Tjahyokumolo, dan Juri lomba yang merupakan pakar Kuliner Nasional, William Wongso, sempat meninjau di Stand Babel.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Babel, Yuliswan, turut mendampingi Ketua TP PKK Babel Festival Kuliner Daerah itu.

Sumber: 
HumasPro