Gubernur Launching Bursa Timah dan Eskpor Perdana Timah Murni Batangan

KBRINA.COM , PANGKALPINANG – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman melauncing bursa timah dan eskpor perdana timah murni batangan di  Halaman Gudang BGR Malahayati, Jalan Ketapang No.77 Pangkalpinang, Kota Pangkalpinang Provinsi Babel.

Peresmian bursa timah dan eskpor perdana timah murni batangan Senin (26/8/2019) siang tersebut, ditandai dengan pemukulan kendi ke bak mobil contairner oleh Gubernur Erzaldi.

Turut mendampingi sekaligus hadir dalam acara itu, Ketua DPRD Provinsi Babel, Kapolda Babel, Danrem, dan  Direktur Utama PT Bursa Berjangka Jakarta (BBJ), Stephanus Paulus Lumintang, Direktur Utama KBI, Fajar Wibhiyadi, Direktur Utama BGR Logistics, M Kuncoro Wibowo, Direktur Pengembangan Usaha dan Sistem Informasi BGR Logistics, Tri Wahyundo H, dan Dirut PT Timah, Tbk.

Gubernur Erzaldi Rosman mengatakan, setelah dinantikan beberapa lama, akhirnya dapat melaunching bursa timah dan ekspor perdana timah murni batangan melalui Jakarta Futures Exchange (JFX).

Setelah diresmikan, Gubernur berharap bursa timah dan ekspor perdana timah murni batangan ini nantinya, selain membawa dampak kesejahteraan buat masyarakat Babel, membawa dampak juga buat pemasaran dan pengiriman timah yang dapat dilaksanakan di Provinsi Bangka Belitung.

“intinya bagi kami, kehadiran bursa bagi kami, disamping dapat meningkatkan nilai tambah timah batangan tetapi dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di Provinsi Babel. Sekalipun hal itu sedikit tetapi sangat berarti bagi kami,”kata Gubernur.

Gubernur menegaskan, yang paling penting dalam kegiatan ini adalah semangat dari bursa dan pergudangan yang dilakukan oleh BGR. Bahkan yang paling utama perusahaan ini, nantinya menjadikan dasar  untuk menentukan harga timah di pasar dunia.

Sementara itu, Stephanus Paulus Lumintang, Direktur Utama Bursa Berjangka Jakarta mengatakan, Bursa Berjangka Jakarta sangat menyambut baik dengan adanya Sinergi BUMN ini, yang tentunya diharapkan akan mampu meningkatkan harga timah khususnya dari Babel.

Perdagangan timah murni batangan yang akan diperdagangkan di BBJ ini, lanjut Stephanus, tentu mengikuti ketentuan yang berlaku dalam perdagangan Timah Batangan di Indonesia. Dan yang pasti, ini semua dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di Bangka Belitung.

“Secara lebih besar lagi, sinergi antara KBI dan BGR Logistics ini, mampu memberikan percepatan roda ekonomi nasional, menuju Indonesia Sejahtera,” katanya.

Hal yang sama dikemukakan Kepala Biro Pengembangan Pasar Berjangka dan Fisik, Badan Pengawasan Berjangka Komoditi, Sahudi, mengharapkan melalui bursa timah dan ekspor perdana timah murni batangan pada Bursa Berjangka Jakarta ini, seluruh stakeloder dan   pelaku usaha timah dapat mendukung terciptanya perdagangan yang kompetitif dan dapat mendorong penerimaan devisa eskpor timah.

Direktur Utama KBI, Fajar Wibhiyadi, menjelaskan, dimulainya perdagangan komoditas timah di BBJ ini, tentu sebuah opportunity yang besar untuk para pelaku di bisnis perdagangan timah batangan baik di Indonesia maupun internasional.

Di kesempatan sama, Direktur Utama BGR Logistics, M Kuncoro Wibowo, menerangkan, Bursa Timah yang diresmikan dan bagian dari BUMN merupakan bentuk kemitraan strategis dalam rangka mengoptimalkan potesi komoditas timah bagi seluruh pemangku kepentingan.

Hal ini, kata dia, tentunya dengan tetap memperhatikan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) agar senantiasa dapat meningkatkan nilai tambah bagi BGR Logistics, KBI, dan pemerintah.

Diresmikannya Bursa Timah dengan KBI sebagai penjamin dan BGR Logistics sebagai pengelola gudang perdagangan fisik timah murni, tentunya akan mendukung pelaksanaan Perdagangan Timah Murni Batangan di Bursa Timah sebagaimana yang diamanatkan dalam Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2018 Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 44/M-DAG/7/2014 Tentang Ketentuan Ekspor Timah.

Sumber: 

HumasPro