Babel Raih Piala Wahana Tata Nugraha Wiratama

KBRINA.COM, JAKARTA – Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) kembali mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Pusat. Kali ini, penghargaan  yang diterima dari Kementerian Perhubungan berupa Piala Wahana Tata Nugraha Wiratama.

Penghargaan itu, diserahkan langsung oleh Menteri Perhubungan kepada Gubernur Babel Erzaldi Rosman, yang diwakili Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Babel, K.A. Tajuddin, di Jakarta Convention Center, Minggu (15/9/2019).

Pemberian Wahana Tata Nugraha diberikan oleh Pemerintah Pusat kepada Provinsi, Kabupaten dan kota yang dinilai mampu melakukan penataan transportasi publik dengan baik yang diselenggarakan setiap tahun sejak tahun 1992.

Format penilaian, dijelaskan Kepala Dinas Perhubungan Babel, pada awalnya berdasarkan usulan dari daerah yang kemudian dilakukan oleh Pemerintah Pusat. Tetapi, semenjak tahun 2018, format penilaian berubah yang bertujuan supaya lebih obyektif, yakni penilaian langsung oleh Pemerintah Pusat tidak didasarkan kepada usulan daerah.

Durasi penyelenggaraan Wahana Tata Nugraha juga, ditambahkan Tajuddin, berubah dari setiap tahun menjadi setiap 2 tahun.

Selain Provinsi Bangka Belitung, penghargaan serupa pada tahun 2019 ini juga diberikan kepada beberapa provinsi lainnya seperti Jawa Timur, Jambi, Jawa Tengah, Bali, Sumatera Selatan, Banten.

Untuk tingkat Kabupaten, lanjut dia, Piala Wahana Tata Nugraha diberikan kepada Kabupaten Belitung, dan menjadi satu-satu kabupaten/kota di wilayah Babel yang memperoleh piala tersebut.

Sedangkan Kabupaten/kota yang terbanyak mendapatkan Piala Wahana Tata Nugraha adalah kabupaten/kota yang ada di Provinsi Jawa Timur.

Tajuddin berharap penghargaan yang diterima dari Kemenhub RI ini,  dapat memacu semangat bagi Provinsi Babel untuk memberikan pelayanan lebih baik lagi kepada publik dalam hal transportasi.

Sumber: 
HumasPro