Meski Sempat Berdarah, Gabungan Mahasiswa Di Sumsel Tetap Tolak Tegas Pengesahan RUU KUHP

Foto : Haris Sulaiman

KBRINA.COM – Mahasiswa yang berasal dari gabungan mahasiswa swasta dan negri yang berada di Sumatera Selatan pagi ini selasa 24/09/19 melaksanakan unjuk rasa damai di gedung kantor DPRD Provinsi Sumatera Selatan.

Unjuk rasa berjalan damai, masa yang berkumpul berusaha masuk kedalam gedung DPRD Sumsel untuk menyampaikan aspirasinya. Ratusan polisi dikerahkan untuk menahan masa, karena pada waktu yang bersamaan terdapat acara pelantikan anggota DPRD terpilih. Ketika masa di halangin untuk masuk, terjadi dorong mendorong antara masa dan polisi.

Aksi unjuk rasa terus berlangsung hingga sore hari. Masa yang terus berusaha masuk membuat polisi kewalahan. Salah seorang mahasiswa menyebutkan, ada provokator yang melempar polisi dengan air minum sehingga terjadilah aksi lempar antara polisi dan masa unjuk rasa. Kemudian polisi menembakkan gas air mata untuk membubarkan masa. Setelah mendapat tembakan gas air mata, mahasiswa mundur menuju Palembang Icon yang berada di sebrang gedung DPRD Sumsel. Kejadian semakin memanas dan banyak mahasiswa yang terluka.

Berikut nama mahasiswa yang terluka dan dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Salah seorang mahasiswa peserta unjuk rasa Sahdan Syaputra dari Universitas Bina Darma Palembang menyampaikan, bahwa dirinya berharap agar ada titik terang dan tindakan tegas atas aspirasi pengunjuk rasa mengenai penolakan pengesahan UU KPK dan RUU KUHP yang di anggap kurang sesuai dengan harapan rakyat.

“Kami mahasiswa niatnya menyampaikan aspirasi, awal unjuk rasa berjalan lancar, tapi makin kesini makin memanas, kami ditembaki gas air mata juga tadi. Banyak yang terluka, namun aspirasi kami belum didengar DPRD, kami minta tindakan tegas atas aksi kami ini, isi rancangan dan pengesahan tersebut sangat tidak sesuai dengan keinginan kami, rakyat Indonesia.”

Hingga sore hari belum diketahui pasti jumlah korban kericuhan dan ujung penyelesaian atas aksi unjuk rasa ini.


 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*