banner 728x250

banner 728x250

Era Baru Pembelajaran: Transformasi Digital di Bangka Belitung

Oplus_0

Bangka Belitung – Era digital membawa perubahan besar dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Asisten II Pemerintah Provinsi Bangka Belitung, Hartono, menegaskan pentingnya pembelajaran digital untuk mewujudkan semangat pendidikan di era digital. Dalam kegiatan Lokakarya “Cara Baru untuk Belajar” yang diadakan oleh Google for Education di Novotel Hotel Babel, Selasa (25/06/2024), Hartono menyatakan dukungannya terhadap program yang mendorong transformasi pembelajaran digital tersebut.

“Hari ini kita akan belajar tentang bagaimana cara belajar yang baru. Sebab, hidup adalah pembelajaran dan kita tidak akan pernah berhenti belajar,” ujar Hartono dalam keterangan resminya mewakili Pj Gubernur Kep Babel.

Ia menekankan bahwa era digital telah membawa perubahan besar yang membuka peluang untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan produktivitas di berbagai bidang, termasuk pendidikan.

Hartono menjelaskan bahwa transformasi digital adalah keniscayaan yang harus dirangkul untuk dapat bersaing di era globalisasi.

Dengan memanfaatkan teknologi digital, kita dapat menciptakan inovasi dan solusi baru untuk menjawab berbagai tantangan dan permasalahan yang ada. Pemerintah, katanya, telah berkomitmen mendorong transformasi digital di berbagai sektor, termasuk pendidikan.

Hal ini dibuktikan dengan kebijakan dan program yang telah diluncurkan, seperti pembagian perangkat belajar berupa laptop Chromebook dan akun belajar.id oleh Kemendikbud.

“Pemerintah telah berkomitmen untuk mendorong transformasi digital di berbagai sektor. Hal ini dibuktikan dengan berbagai kebijakan dan program yang telah diluncurkan, seperti perangkat belajar yang telah dibagikan oleh Kemendikbud berupa laptop Chromebook dan belajar.id,” terang Hartono.

Namun, ia menambahkan bahwa transformasi digital tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah. Seluruh elemen masyarakat juga harus turut berpartisipasi aktif dalam mendukung dan memanfaatkan teknologi digital untuk kemajuan bangsa.

Hartono mengajak masyarakat untuk meningkatkan literasi digital dan mengembangkan keterampilan digital. Menurutnya, teknologi harus dimanfaatkan bersama-sama untuk membangun Indonesia yang maju di era digital.

“Saya yakin, dengan kerjasama dan sinergitas dari semua pihak, transformasi digital dapat membawa manfaat yang besar bagi bangsa dan negara,” tegas Hartono.

Ia mengakhiri sambutannya dengan mengajak semua pihak untuk bersama-sama berkomitmen dalam mendukung transformasi digital demi masa depan pendidikan Indonesia yang lebih baik.

Lokakarya “Cara Baru untuk Belajar” ini dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan di bidang pendidikan, termasuk guru, kepala sekolah, dan perwakilan dari pemerintah daerah.

Mereka sepakat bahwa kolaborasi antara pemerintah dan sektor swasta, seperti yang dilakukan dengan Google for Education, merupakan langkah strategis dalam memajukan pendidikan di Indonesia.

Diharapkan, melalui inisiatif ini, teknologi dapat dimanfaatkan secara optimal untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik, interaktif, dan efektif. (Ryo/KBO Babel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *