banner 728x250

banner 728x250

Team PSC 119 Pangkalpinang Respon Cepat Tanggap 24 Jam Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarakat Kota Beribu Senyuman

PANGKALPINANG,KBRINA.COM – Dengan bukti nyata dan tekad untuk memberikan pelayanan kesehatan cepat dan gratis kepada masyarakat Kota Pangkalpinang.

 

Kamis malam (20/06/2024) sekitar pukul 21.00 Wib hingga selesai,  team Public Safety Center (PSC) 119 Kota Pangkalpinang memberikan bantuan secara langsung kepada salah satu warga lansia tunanetra yakni Jin Ngit Non (77).

 

Diketahui bahwa Jin Ngit Hon, salah satu warga Kelurahan Pasir Garam Kecamatan Pangkal Balam yang mengalami cidera paha dan kaki akibat terjatuh (terpeleset) di kamar mandi sehingga harus menjalani perawatan dan rujukan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Hamzah Kota Pangkalpinang.

 

Menurut pengakuan keluarga serta para tetangga, pasien sudah mengalami kebutaan (tunanetra) dari sejak lahir, dan kondisi awalnya sebelum kejadian pasian juga bisa berjalan seperti biasa walaupun umurnya sudah menginjak 77 tahun.

 

“Pasien memang dari kecil sudah buta (tunanetra) namun bisa berjalan dengan usia tua. Kejadian tadi membuatnya tidak bisa berjalan lagi akibat terpeleset saat berada di kamar mandi, apalagi kondisinya yang sudah terbilang tua dan postur tubuh yang besar (berat). Kami juga sudah meminta beberapa pihak ambulance rumah sakit yang ada di Pangkalpiang, namun  belum ada respon sehingga kami meminta bantuan para pekerja sosial Masyarakat (PSM) yang berada di wilayah Kecamatan Pangkal Balam untuk membantu dalam hal ini”, akuinya.

 

Sampai berita ini di terbitkan,  pasien telah mendapatkan pelayan kesehatan cepat dari team Team PSC 119 Kota Pangkalpinang, dan selanjutnya pasien dirujuk ke RSUD Depati Hamzah untuk mendapatkan perawatan yang intensif.

 

Sementara, dr Masagus Hakim saat di hubungi Jejaring media ini melalui sambungan seluler (telpon), ia menyampaikan bahwa PSC 119 Kota Pangkalpinang tidak hanya menangani kegawatdaruratan saja namun menjadi tempat pelatihan dan penanganan bencana terkait masalah kesehatan.

 

“Selain bidang kedaruratan kesehatan PSC 119 juga menangani misalnya ada bencana alam banjir, kecelakaan atau kebakaran, maka tim PSC 119 akan turun ke lokasi tersebut. PSC 119 juha memberikan layanan buka 24 jam pengguna layanan dapat menghubungi 119 atau dapat melalui aplikasi PSC 119 Kota Pangkalpinang. Dengan jumlah 18 tenaga medis yakni tiga dokter dan sisanya perawat, bidan dan supir ambulan. PSC 199 ini layanan 24 jam sehingga apabila ada suatu kasus langsung kita respon, tidak lebih dari dua jam”, terang Hakim, Kamis (20/06/2024).

 

Sebelumnya, diketetahui bahwa Gedung Public Safety Center (PSC) 119 diresmikan Mantan Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen) pada Rabu (18/1/2023), yang mana PSC 119 dibentuk dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat Kota Pangkalpinang serta merupakan  salah satu terobosan inovasi baru dibidang kesehatan yang dihadirkan Pemerintah Kota Pangkalpinang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *