Tingkatkan Pengetahuan, Kwarcab Pramuka Muba Gelar Pelatihan Kehumasan dan Keprotokolan

SEKAYU – Guna meningkatkan pengetahuan, kemampuan protokol dan kehumasan, Kwartir cabang gerakan pramuka Musi Banyuasin adakan pelatihan kehumasan dan keprotokolan se-kwartircabang pramuka, Selasa (6/4/2021) bertempat di Kwartir CabangGerakan Pramuka Muba.

Terpantau dilokasi ada sebanyak 15 orang Kwartir Ranting (Kwarran) dari seluruh Kecamatan Muba dan 11 staf dan karyawan Kwarcab Muba.

Pelatihan ini dibuka secara resmi oleh Azizah SSos MT sebagai Wakil Ketua Bidang Humas Kwarcab Muba, dan menghadirkan narasumber dari Dinas Komunikasi dan Informatika Muba Hj Nurzahrawati SPd MT.

Dalam sambutannya, Azizah SSos MT., mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu program kerja kwartir cabang gerakan pramuka Musi Banyuasin tahun 2021.
“Tujuan kegiatan pelatihan kehumasan dan keprotokolan kwartir cabang gerakan pramuka, yaitu untuk berbagi ilmu pengetahuan tentang seberapa penting pembentukan humas dan protokol bagi kemajuan gerakan pramuka,”jelasnya.

Karena dengan adanya kehumasan dan keprotokolan, lanjut Azizah kita bisa tahu cara mempublikasi dan menginformasikan berita dengan baik dan benar.

Dikatakannya, sebagai sebuah organisasi yang berfungsi menjalin komunikasi dan kerja sama dengan publik dan pihak-pihak yang terkait dengan lembaga tersebut.
“Maka kegiatan ini sangat penting di laksanakan, guna meningkatkan pengetahuan dan memaksimalkan tugas pokok kwartir cabang gerakan pramuka Musi Banyuasin. Semoga kegiatan ini dapat membawa manfaat dan mendapatkan ridho dari Allah SWT,”ungkapnya.

Selaku narasumber Sekretaris Dinkominfo Muba Hj Nurzahrawati SPd MT menyampaikan dasar-dasar tentang kehumasan diantaranya ialah dengan membina hubungan baik intern organisasi untuk mencapai tujuan organisasi.Memiliki hubungan yang baik dengan media dan memanfaatkannya.

Memberi saran kepada pimpinan untuk kemajuan bersama. Selain itu, kehumasan juga memiliki tugas untuk menyelenggarakan dan bertanggung jawab atas penyampaian informasi secara lisan, tertulis, maupun gambar (visual) secara publik.
“Kemudian menciptakan citra positif dari perusahaan beserta atributnya kepada eksternal publik atau masyarakat umum dan konsumen. Mendapatkan dukungan atas semua aktivitas operasional dan pemasaran, baik dari perusahaan maupun merek produk. Supaya publik mempunyai pengertian yang benar tentang organisasi, serta tujuan kegiatan yang sedang dilakukan,”jelasnya.

Kehumasan ini dapat berjalan dengan baik apabila tersusun nya sebuah strategi yang tepat. Harus bisa menjadi sumber informasi yang dipercaya media atau publik.Isi informasi sesuai dengan karakteristik sasaran dan media. Informasi disampaikan dengan menggunakan bahasa yang mudah yang dimengerti oleh khalayak.Layanan informasi publik yang diberikan secara terus menerus kepada publik atau media.
“Adapun tujuan serta manfaat dari kehumasan, sebagai salah satu faktor pendukung keberhasilan dan ketahanan, serta kelanjutan hidup dalam berorganisasi sebagai wadah dalam pendidikan. Sebagai sarana dalam memberikan pelayanan informasi kepada publik.Menjalankan peran sebagai inisiator, komunikator, negosiator, mediator dan fasilitator. Humas juga ditetapkan sebagai petunjuk penyelenggaraan untuk menyatukan persepsi dan sebagai penggerak semua komponen dalam berorganisasi,”tandasnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*