WBP Rutan Muntok Sukses Panen Sayur Sawi dari Lahan Kosong

Muntok,Kbrina.com – Warga binaan Rumah Negara Kelas IIB Muntok, menunjukkan kegiatan positif dengan memanfaatkan lahan kosong di sekitar rutan untuk bercocok tanam. Mereka menanam sayur sawi sebagai bagian dari program pembinaan yang ada didalam rutan.

Para warga binaan dengan antusias melakukan panen sawi yang telah mereka tanam sebelumnya, pada Minggu (17/03)
Kegiatan ini diinisiasi oleh Rutan Muntok sebagai upaya untuk memberikan kesempatan kepada warga binaan untuk belajar dan mengembangkan keterampilan pertanian. Dengan adanya lahan kosong di sekitar rutan, mereka diajak untuk aktif dan produktif dengan menanam sayur sawi, yang merupakan salah satu jenis sayuran yang cukup mudah dalam perawatannya.

Menurut Kepala Rutan Muntok, Achmad Adrian, kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembinaan dan diharapkan dapat menjadi sarana pembelajaran yang bermanfaat bagi warga binaan. Selain itu, dengan berhasilnya panen sayur sawi ini, diharapkan juga dapat memberikan motivasi dan meningkatkan rasa percaya diri warga binaan untuk berkontribusi positif dalam kegiatan pembinaan lainnya.

Proses penanaman dan perawatan sayur sawi dilakukan secara mandiri oleh warga binaan, dengan dibantu oleh petugas rutan yang memberikan arahan dan pendampingan.
“Hasil panen sayur sawi ini akan digunakan untuk kebutuhan konsumsi warga binaan sendiri,jika hasil panen semakin melimpah di masa mendatang, pihak rutan berencana untuk menjual hasil panen tersebut ke masyarakat sekitar maupun pasar lokal”.ungkap Karutan

Langkah ini diharapkan dapat memberikan manfaat lebih bagi para narapidana, baik dari segi ekonomi maupun keterampilan bertani yang mereka dapatkan selama di rutan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*